Konten adalah proses pengambilan gambar dan video dari berbagai arah. Konten memiliki pengaruh penting dalam media sosial, terkhusus untuk memasarkan produk. Pengambilan foto dari arah yang tepat bisa menghasilkan gambar yang estetik dan jelas. Pengambilan video dari arah yang tepat, durasi yang pas, sehingga bisa menyita perhatian perhatian netizen.
Tujuan dari pembuatan konten adalah membangun branding agar mudah diingat oleh konsumen. Sehingga memiliki kemenarikan terhadap produk yang dijual. Selain itu, pemberian testimoni dari konsumen untuk membentuk kepercayaan pada target konsumen selanjutnya.
Pembuatan konten membantu penjual menghasilkan banyak varian produk. Dengan demikian, penjual bisa mendapatkan kerjasama dengan mitra dari luar daerah. Hal ini mampu untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Gintungan.
“Nah, Brand ini sangat penting ibu-ibu sekalian. Dengan membuat brand, produk menjadi lebih mudah untuk diingat orang. Brand yang unik dan menarik bisa menyita perhatian publik,” kata Adinda Mustafidzah sebagai Pemateri Konten Menarik, (11/07/2025).
“Pembuatan logo adalah komposisi yang menarik dalam melakukan promosi produk. Logo termasuk identitas produk, sehingga produk mempunyai ciri khas,” jelas Zahra Norma Dwi Agustina sebagai Pemateri Konten Menarik, (11/07/2025).
Pembuatan konten promosi produk mempunyai beberapa tahapan dan keterampilan. Keterampilan mengedit foto dan video produk sangat penting. Tetapi, terdapat beberap hal yang perlu diperhatikan, yaitu upload konten sesuai waktu yang ditentukan, pembuatan caption yang menarik, pembuatan hastag yang tepat.
Dengan adanya program ini, masyarakat merasa terbantu untuk meningkatkan pendapatannya. Pembuatan konten membutuhkan proses yang cukup lama serta konsisten untuk upload produk setiap hari. Dengan demikian, konten menarik membantu UMKM Desa Gintungan.